RSS

Kenapa kita berbeda?

Tulisan ini gw tujukan buat mereka yang bingung sama pasangannya yang berbeda. Lah, emang pasangan itu kan harus berbeda, cewe sama cowo. Masak cewe sama cewe, cowo sama cowo, dibilang homo dong? Bukan gitu maksud gw, maksudnya berbeda dalam arti khusus, baik itu budaya, kewarganegaraan atau agama. Gak maksud SARA, ini cuman pendapat gw aja dari kejadian-kejadian yang temen-temen gw alamin atau pengalaman gw juga :d. 


Masih menyangkut acara wedding terakhir yang gw datengin, ada yang berbeda sama acara wedding biasanya. Lo tau apa? Pengantinnya beda! Beda dalam arti, yang satu etnis tionghoa, satu lagi jawa/ sunda gitu. INGET !!! GW NULIS INI BUKAN BERMAKSUD SARA, TAPI KASIH PENDAPAT AJA. JADI JANGAN  NGEJUDGE SARA DULU. Nah, pas acara wedding party kemaren juga, gw liat kalau keluarga kedua mempelai baik-baik aja, maksudnya klo dari jauh keliatannya mereka beda banget. Baik itu secara budaya,dll (tau lah, gak usah gw sebut). Tapi klo mereka udah memutuskan untuk menikah dengan menggunakan satu adat (mengucap ijab Kabul/ janji nikah, whatever…) berarti ada salah satu dari mereka yang mengalah. Apakah itu yang dinamakan cinta? Hmmm, itu udah jadi urusan mereka. Gw cuman bisa doain semoga pernikahannya langgeng sampe kakek nenek, sampe maut memisahkan.

Lain halnya sama sepupu gw yang satu ini. Mereka udah pacaran cukup lama, dia dan cowonya beda lah (lo tau maksud gw kan?! Gw gak mau sebut, ntar dianggap SARA. Klo pun gak sengaja ke tulis, cuman buat mempertegas ceritanya seperti apa, oke?!). sepupu gw ini anak perantauan, jadi pengganti  nyokapnya di Jakarta ini ya nyokap gw, doi sering cerita-cerita dan mampir ke rumah klo liburan (gw jarang banget cerita sama nyokap, karena gw pendiem + weekend waktunya ngerjain projek and hang out, hehehe). Nah, sebagai pengganti nyokapnya, nyokap gw tentu sering ngasih wejangan dan nasehat-nasehat gitu, kebetulan doi udah cukup umur buat “married” (jangan tanya gw ya? I am still under 25th , so, too young to get married yet :P). doi cerita klo dia mau serius sama cowonya itu, tapi karena ada perbedaan yang sangat signifikan, u know lah. Gak mudah buat mereka ambil keputusan buat hidup bersama. Gw sih gak denger kabarnya lagi, apa doi masih sama pacarnya atau udah putus. Tapi yang terakhir gw denger sih, bonyok pacarnya kurang setuju karena perbedaan itu. Secara pribadi sih katanya udah sama-sama klop, tapi masalahnya karena ada PERBEDAAN. Plus dari pihak doi juga, dalam hal ini nyokap gw yang jadi perwakilan nyokapnya (punya pemikiran yang sama juga sama nyokapnya di kampung, alaahhh…) juga kekeuh untuk mempertahankan hal “itu”. 

Perbedaan yang satu ini memang sangat krusial, sangat sulit kalo salah satunya gak ada yang mengalah. Kadang gw mikir, kenapa gak kayak Om Billy aja? Dia sama istrinya beda, dia sama sodara juga beda (gw gak tau apa sodaranya pindah keyakinan atau siapanya gw gak tau (akhirnya gw memperjelas juga L)). Tapi jarang ada orang yang bisa menerima kayak gitu. Kebanyakan dari kita terlalu egois atau mungkin kita harus milih, lebih cinta sama pasangan kita atau sama pemilik surga dan neraka? Gw seperti tersindir dengan salah satu meme dari temen gw (padahal gak ngetag gw loh) yang di situ diceritain bahwa salah satu kontestan miss world mendapat pertanyaan yang intinya klo pasangan lo beda keyakinan (lagi diperjelas L) dan ingin nikah sama lo, apa lo mau pindah ke keyakinannya? Si miss ini jawab,” klo pasangan gw cinta sama gw, seharusnya dia cinta sama Tuhan gw juga”. Mak jleb… (emangnya gw punya cowo yang beda apa?! Kok berasa ngena banget L). Terus ntar cowonya jawab,” klo lo cinte ama gw, ya lo harus cinta sama Tuhan gw juga donk”. Akhirnya, berakhir lah kisah cinta mereka berdua. Akhirnya bisa ketebak, salah satunya ada yang pindah keyakinan atau mereka beneran putus.

Serius, kayaknya gampang banget jawab pertanyaan kayak gitu, tapi realitanya gak semudah membalikan telapak tangan. Termasuk gw, pas nyokap gw kasih wejangan ke sepupu gw gitu, secara gak langsung dia ngewarning gw buat cari yang sama, no different. Big no… no…  jujur klo gw ada diposisi kayak gitu, gw bener-bener bingung. Di satu sisi gw gak mau dia pindah keyakinan dengan terpaksa atau gak tau Tuhan yang mau dia sembah itu seperti apa. Begitu juga sebaliknya, gw gak pernah kepikiran buat pindah juga. Gw malah selalu doa, semoga gw mati dalam keadaan keyakinan gw ini. Egois gak sih?! Hmmm, kadang sebelum itu terjadi mending gw pergi duluan, kecuali berteman tentunya. Gw bener-bener ahli dalam memendam perasaan sesungguhnya, haizzzz…

Yup, pernah… hampir dekat. Tapi pas gw tau dia kayak gimana (gw tau dia taat jalanin ibadahnya), gw langsung jaga jarak. Buat apa gw jadian klo akhirnya putus juga, pikir gw. Dia juga kayaknya tau, dan akhirnya kita cuman saling pandang aja, alaahhh… serius, gw tetep jaga perasaan gw dan keep in touch with him as a friend. Not much… mungkin karena gw ngejauh, dia mikir gw gak ada perasaan kali, itu lebih bagus. Dan gw bersyukur karena itu. Susah ya, soalnya sekarang kebanyakan yang deket sama gw beda semua :(( . huft… so confuse…

Kenapa kita begitu berbeda? Kenapa harus ada perbedaan yang gak bisa disatukan kayak gitu? Waktu itu gw pernah sedikit cerita sama koko gw, dia pikir ini menyangkut etnis. Tapi klo masalahnya itu, itu bukan perbedaan yang berarti. Makanya sekarang klo gw gak bener-bener fix, gw gak bisa cerita apa-apa kesiapa pun juga. Koko gw  pernah bilang, mungkin bukan karna perbedaan tapi salah satu dari kita gak bisa nyamain frekuensinya. Lah gimana mau nyamain frekuensi, jaringannya aja beda, mana bisa nyetel frekuensi yang daerah U ke daerah V, susah banget.  Tapi makasih banget ko sarannya, walau pun gak nyelesein banget L.

Hmmm, dibeberapa artikel dan opini public banyak yang ngomong/ berpendapat “klo lo jadian sama doi (biasanya yang mayoritas), ntar klo lo married ya lo harus ikut keyakinannya”. “ dia gak bakal mau pindah ke keyakinan lo deh, lo yang harus pindah, kebanyakan temen-temen ato sodara gw yang pacaran pasti klo married ntar pindah keyakinannya si “doi” deh”. Sedih dengernya L. Klo gw, sekali lagi gw bilang gw gak mau maksain diri baik gw maupun doi untuk pindah keyakinan atau apa pun. Tapi klo misalnya dia-nya maksa buat serius, berarti doi maupun gw harus tau konsekuensi dan resikonya. Klo gak bisa ambil jalan tengah, maaf…  mungkin gw egois atau mungkin gw berusaha untuk terlalu “mencintai” Tuhan gw.
Sebelum virus “cinta” itu merasuk ke dalam sukma, bisa kah kita berfikir dengan logika agar tidak “membutakan mata” ?  apa benar tulang rusuk itu tidak akan pernah tertukar? Lalu, bagaimana dengan mereka yang ternyata, tulang rusuknya berbeda?

Mungkin hanya DIA yang tau alasan yang sebenarnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.